Selasa, 17 April 2012

Lele Olahan


Bisnis makanan olahan memang kian menjanjikan, demikian juga halnya dengan ikan lele olahan, daging ikan lele yang lembut dan gurih ini ternyata menginpirasi beberapa pengusaha makanan olahan untuk membuat lele olahan.

Sebelumnya mungkin kita hanya mengenal makanan seperti pempek, tekwan dan kerupuk berasal dari ikan tenggiri, namun dengan kreativitas, inovasi dan keberanian beberapa pengusaha makanan mencoba sebuah terobosan baru, mereka menggunakan bahan dasar ikan lele sebagai pengganti, hasilnya ternyata cukup memuaskan, dikarenakan cita rasanya yang enak, lele olahan kini mulai mendapatkan tempat dihati masyarakat.

Tidak hanya pada pempek, lele olahan kini juga dapat dijadikan bahan dasar pembuat bakso yang tadinya berbahan dasar daging sapi. Bakso daging ikan lele ini juga diharapkan akan mampu merebut pasar tersendiri.

Jika usaha-usaha lele olahan semakin berkembang dan diminati baik dalam skala nasional maupun internasional, tentunya akan banyak menyerap tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di negeri kita tercinta ini dan diharapkan akan mampu meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Semakin terbukanya peluang-peluang pasar lele dengan adanya usaha lele olahan diharapkan para pengusaha ternak lele dapat lebih bersemangat dalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas hasil produksinya, sehingga dapat bersinergi dengan baik antara para pengusaha ternak lele dengan para pengusaha lele olahan.

Menjamurnya usaha-usaha makanan dan resto yang menawarkan menu utama ikan lele saja sudah membuat para pengusaha ternak lele kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar akan kebutuhan ikan lele, belum lagi tempat pemancingan, sekarang ditambah lagi dengan lele olahan yang sudah mulai dilirik oleh banyak pihak, hal ini seharusnya menjadi tantangan tersendiri untuk para pengusaha ternak lele untuk dapat terus memenuhi kebutuhan pasar dan merupakan peluang bisnis besar bagi yang ingin menggeluti dunia bisnis seputar lele, baik dalam usaha ternak lele, pemasaran maupun lele olahan yang belakangan ini semakin menjanjikan.

Lele olahan merupakan terobosan, semoga saja orang-orang cerdas, kreatif dan terampil di Indonesia semakin banyak, khususnya dalam dunia lele, sehingga untuk kedepannya nanti makin banyak lagi inovasi atau penemuan-penemuan baru dalam dunia makanan atau makanan olahan berbasis ikan lele yang tentunya akan semakin memperkaya khasanah masakan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar